Pengalamanku mengajar di Brainly

(Comments)

Brainly award 2015

Terima kasih sudah gabung di Brainly! Yuk bersama kita majukan pendidikan di Indonesia. 

Mungkin itulah kata kata yang pertama saya sampaikan sewaktu saya bertemu dengan anggota baru atau moderator baru yang baru saja bergabung di Brainly. Dan tak terasa sudah hampir 6 tahun saya bersama Brainly berusaha mengembangkan platform pendidikan di Indonesia ini. 

Untuk yang mengikuti perkembangan Brainly mungkin tidak asing dengan tulisan saya di Kompasiana pada beberapa tahun yang lalu. Tulisan itu agak provokatif karena isu yang sedang saya counter juga lumayan profokatif. Kalau tidak salah isunya adalah tulisan dari Pisa, peneliti tentang pendidikan mengenai anak anak Indonesia yang tidak tahu betapa bodohnya mereka. 

Well tulisan itu cukup profokatif namun di satu sisi ada benarnya. Karena pendidikan di Indonesia adalah big city centris! Atau terpusat hanya di kota kota besar. Tidak bisa kita pungkiri bahwa pendidikan maju kalau di pulau Jawa ya hanya terletak di kota seperti Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya. 

Kemudian bagaimana dengan siswa siswa yang berada di luar pulau jawa. 

Sering saya dapatkan bahwa ada guru yang mengajar di perbatasan adalah guru yang berasal dari unsur TNI. Hal ini dikarenakan terbatasnya sumber daya guru yang bersedia mengajar di luar pulau jawa. Pertama tentunya akses yang sulit. Kedua bayaran yang tidak sama. Dan ketiga jauh dari keluarga.

Melihat adanya kebutuhan terkait sarana belajar bersama dan juga peluang muncul karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna Internet terbesar di dunia. Maka dari sini Brainly masuk untuk bisa berkontribusi terhadap permasalahan pendidikan di Indonesia. Brainly saat ini telah diakses di 34 provinsi di Indonesia. Bila dilihat berdasarkan data dari jumlah penduduk yang mengakses Brianly, dapat dilihat bahwa wilayah seperti Papua dan Papua Barat memiliki banyak traffic. Ini artinya siswa di Papua pun belajar dari Brainly.

Menurut saya belajar dan mengajar di Brainly memberikan saya beberapa manfaat.

  1. Meluangkan waktu dengan bermanfaat. Sering nda ada kejadian di mana kita lagi duduk menunggu bus dan browsing browsing internet. Biasanya selain youtube dan surat kabar harian yang saya buka saat menunggu transportasi umum, saya juga membuka aplikasi Brainly dan mencoba menjawab pertanyaan dari topik yang saya kuasai.
  2. Tiap hari kita teringat dengan tugas. Tugas dan pekerjaan rumah merupakan hal yang datang setiap hari. Seperti teh panas, kopi, dan gorengan yang tiap hari kita nikmati, tugas rumah juga merupakan hal yang setiap hari kita nikmati. PR pun bukan hanya topik yang didiskusikan oleh siswa, namun juga oleh orang tua. Orang tua berusaha sebaik mungkin bisa membantu putra putrinya. Terkadang tidak semua orang tua punya waktu atau pun ilmu untuk membantu siswa. Melihat hal ini tentunya dengan adanya aplikasi Brainly dapat membantu orang tua.
  3. Seneng saat mendengar bahwa jawaban kita membantu. Terkadang pertanyaan yang terlihat sangat simpel bagi kita, ternyata sangat membantu user. Contoh nya berikut adalah topik yang sering saya temui dalam pekerjaan sehari hari dan bisa membantu sisswa. Mengenai biaya peluang dari pelajaran ekonomi https://brainly.co.id/tugas/18480699
  4. Tidak perlu dirahasiakan. Aktif di brainly tidak perlu dirahasia kan lagi karena memang sudah masuk ke ranah publik bahwa topik topik tertentu adalah hal yang dicari oleh publik. Anda pun sebagai orang yang berkontribusi dalam pengetahuan bisa mendapatkan kredit dari ilmu yang di bagikan.
  5. Sharing tips yang bermanfaat. Aktif di Brainly tidak selalu terkait pekerjaan. Karena ilmu yang dibagi sebenarny juga berkisar sekitar kehidupan sehari hari. Seperti tips mencari universitas.
  6. Membanggakan saat diceritakan ke teman teman. Saat kumpul bersama teman teman ternyata pengalaman saya membantu di Brainly bisa menjadikan topik yang membanggakan. Karena kita bisa tahu mengenai hal update apa yang ada di lingkungan siswa.

Sekian contoh dari tulisan ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan jangan ragu untuk di tanyakan ke kita di [email protected] atau ke email saya di [email protected] atau web pribadi saya di dimasmukhlas.com

Jangan lupa cantumkan hashtag #TeachinBrainly

Current rating: 4

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

How to create output gap with Python and Anaconda

Recent news
3 weeks, 3 days ago

Dignity wrapped in Charity

Recent news
2 months ago

A reflection of using kanban flow and being minimalist

Recent news

Today is the consecutive day I want to use and be consistent with the Kanban flow! It seems it's perfect to limit my parallel and easily distractedness. 

read more
2 months, 2 weeks ago

Morning issue with car and my kind of music

Recent news
2 months, 2 weeks ago

Podcast Bapak Dimas 2 - pindahan rumah

Recent news

Vlog kali ini adalah terkait pindahan rumah!

read more
2 months, 2 weeks ago

Podcast Bapak Dimas - Bapaknya Jozio dan Kaziu - ep 1

Recent news

Seperti yang saya cerita kan sebelumnya, berikut adalah catatan pribadi VLOG kita! Bapak Dimas

read more
2 months, 2 weeks ago

Happy new year 2024 and thank you 2023!

Recent news

As the new year starts, I want to revisit what has happened in 2023. 

read more
2 months, 2 weeks ago

Some notes about python and Zen of Python

Recent news

Explore Python syntax

Python is a flexible programming language used in a wide range of fields, including software development, machine learning, and data analysis. Python is one of the most popular programming languages for data professionals, so getting familiar with its fundamental syntax and semantics will be useful for your future career. In this reading, you will learn about Python’s syntax and semantics, as well as where to find resources to further your learning.

read more
4 months ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without