apa hubungan antara aktuasi motivasi dan manajemen

(Comments)

Hubungan antara Aktuasi Manajemen dan Motivasi

Kalau dijawab secara singkat adalah aktuasi merupakan salah satu fungsi di dalam departemen manajemen untuk membimbing dan mengarahkan karyawan agar lebih termotivasi dalam bekerja. 

Bertemu lagi blog saya Dimas Mukhlas. Kita akan membahas salah satu topik yang menarik seputar hubungan antara Aktuasi Motivasi dan Manajemen. 

Pertama kita pecah dulu satu persatu apa pengertian dari tiap kata kunci di sini

1. Aktuasi : Meskipun terdengar seperti aktualisasi tapi aktuasi sebenarnya bermakna lain. AKtuasi adalah salah satu fungsi manajemen untuk mengarahkan karyawan agar dapat mencapai kepuasan dalam bekerja dan keefektifan dalam sistem di perusahaan. Salah satu cara nya adalah dengan sering memotivasi dan memberikan feedback atas progress yang dilakukan oleh karyawan. 

Dalam ilmu manajemen di startup kata aktuasi ini juga termasuk dalam proses on bording karyawan baru. Karyawan baru dalam pertama kali bekerja tentunya tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Oleh karena itu proses on boarding atau memperkenalkan karyawan baru terhadap hal hal yang ada di dalam perusahaan adalah salah satu hal yang cukup penting di sini. 

Ada video yang cukup menghibur untuk bisa diikuti dari topik terkait aktuasi ini. 

2. Manajemen 

Ilmu manajemen adalah salah satu ilmu yang paling tua di dunia. Tujuan dalam ilmu manajemen adalah memastikan suatu proses berjalan efektif. Dan ilmu manajemen itu memiliki jembatan keledai yang disebut POAC. Atau Planning Organizing Acting and Controlling. 

Planning - Merencenakan 

Organizing - Mengelola 

Acting - Beraksi 

Controlling - Feedback

3. Motivasi 

Motivasi adalah proses untuk memberikan semangat agar bersama sama dapat mencapai tujuan. Motivasi memegang peranan penting dalam ilmu manajemen dan ilmu psikologi. 

Hal ini dikarenakan adanya dua tipe kepemimpinan yang ada di sebuah perusahaan. 

  1. Pemimpin transksional
    1. Transaksional ini seperti trasaksi jual beli, yaitu pemimpin yang mengharapkan hasil dari anak buah karena pemimpin ini sudah mengeluarkan sejumlah dana agar dapat mencapai tujuannya. Oleh karena itu tipe pemimpin ini akan menghargai progres yang baik seorang karyawan dan tidak memperhatikan perkembangan kejiwaan atau karir dari karyawan tersebut karena hal itu terpisah dari tujuan transaksional. 
  2. Pemimpin tranformasional 
    1. Pemimpin transformasional adalah pemimpin yang berusaha menjadikan karyawan sebagai penggantinya. Oleh karena itu dia perlu mentranformasi karyawan tersebut agar di masa depan dapat menjadi pemimpin yang bisa diandalkan. Akan banyak aspek dari sisi sumber daya manusia dan motivasi yang dilimpahkan ke karyawan tersebut. 
Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

How to create output gap with Python and Anaconda

Recent news
1 month, 2 weeks ago

Dignity wrapped in Charity

Recent news
2 months, 3 weeks ago

A reflection of using kanban flow and being minimalist

Recent news

Today is the consecutive day I want to use and be consistent with the Kanban flow! It seems it's perfect to limit my parallel and easily distractedness. 

read more
3 months, 1 week ago

Morning issue with car and my kind of music

Recent news
3 months, 1 week ago

Podcast Bapak Dimas 2 - pindahan rumah

Recent news

Vlog kali ini adalah terkait pindahan rumah!

read more
3 months, 1 week ago

Podcast Bapak Dimas - Bapaknya Jozio dan Kaziu - ep 1

Recent news

Seperti yang saya cerita kan sebelumnya, berikut adalah catatan pribadi VLOG kita! Bapak Dimas

read more
3 months, 1 week ago

Happy new year 2024 and thank you 2023!

Recent news

As the new year starts, I want to revisit what has happened in 2023. 

read more
3 months, 1 week ago

Some notes about python and Zen of Python

Recent news

Explore Python syntax

Python is a flexible programming language used in a wide range of fields, including software development, machine learning, and data analysis. Python is one of the most popular programming languages for data professionals, so getting familiar with its fundamental syntax and semantics will be useful for your future career. In this reading, you will learn about Python’s syntax and semantics, as well as where to find resources to further your learning.

read more
4 months, 3 weeks ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without