Lebih dari 50 persen siswa setuju bila program belajar dari rumah sudah berkualitas baik

(Comments)

Artikel ini sudah muat di halaman Kompasiana. Dikarenakan pada halaman di kompasiana tidak ada link dofollow maka artikel ini saya post sekali lagi di blog pribadi saya. 

Saat ini setelah libur Iedul Fitri berakhir, beberapa pemerintah daerah mulai melonggarkan kembali peraturan terkait lock down atau di Indonesia kita dengar dengan nama PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. 

Pengantar penulis 

Berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, khususnya yang menyentuh wilayah kebutuhan siswa saat ini memiliki tantangan dalam hal validasi apakah kebijakan tersebut dapat diadopsi dengan baik oleh para stakeholder pendidikan. Melihat hal tersebut, Brainly, startup belajar terbesar di Indonesia melakukan serangkaian survey untuk mengetahui psikologi siswa terkait hal ini. Yuk kita simak apa saja pendapat siswa terkait dengan PSBB yang membuat mereka harus belajar dari rumah. 

Hasil survei tanggapan siswa terhadap study from home

1. Perasaan siswa di saat harus belajar dari rumah

Di atas 98 persen siswa mengalami dampak bahwa sekolah diliburkan karena coronavirus. Dari jumlah itu ternyata kegiatan belajar mengajar tidak berhenti begitu saja karena 92% dari siswa yang disurvei mendapatkan tugas rumah. 

Di survei ini kita juga mendata bagaimana perasaan siswa terhadap situasi PSBB saat ini. Sebanyak 43,9% siswa merasa bosan, kemudian sekitar 19,5% merasa khawatir, dan sisanya belum tahu seperti apa situasi ke depannya, serta merasa terisolasi karena tidak dapat bertemu dengan teman teman di sekolah. 

2. Tanggapan siswa terhadap support dan bantuan dari guru 

Kemudian kita juga mensurvei bagaimana support guru dan elemen pendidikan

Dari survey yang dilakukan oleh Brainly, hampir 80% siswa memiliki kelas online dengan guru mereka. Sedangkan 52% siswa menilai kelas online yang dilakukan oleh guru mereka memiliki kualitas guru memiliki kualitas yang baik. 

Kemudian dari survei ini kita berusaha mencari apa saja hal yang kurang dari belajar secara mandiri. Kita tahu bahwa belajar secara mandiri di rumah memiliki berbagai tantangan, dan siswa melihat tantangan terbesar adalah kurangnya bimbingan langsung dari guru seperti sistem belajar mengajar yang dilakukan di dan kelas. Jumlah siswa yang memilih jawaban ini adalah 44% siswa. Kemudian 20% siswa melihat tantangan terbesar adalah bantuan untuk memeriksa jawaban. Sedangkan sisanya 17% adalah kurangnya materi pelajaran dan 11,3 % adalah latihan dan tugas. 

3. Tanggapan siswa terhadap aktivitas mereka selain belajar

Merujuk ke poin terakhir dari survei ini terkait dengan selain belajar terkait dengan pelajaran, hal apa saja yang siswa lakukan untuk mengisi sisa waktunya. Di sini siswa diberikan kesempatan untuk mengisi lebih dari dua jawaban. Hal ini membuat total akumulasi persentasi dari survei ini lebih dari 100%. Ternyata sebagian besar siswa, hampir 44,5% menghabiskan waktu mereka di Sosial Media. Dilanjutkan sebanyak 35,35 menonton TV atau Film. Sisanya 31% menghabiskan waktu bersama keluarga. Yang menarik ternyata proporsi siswa membaca buku untuk mengisi waktu mereka cukup besar yaitu sebesar 22,2%. Hal ini merupakan pertanda positif dimana siswa di Indonesia cukup pedulu untuk membaca buku. 

Kesimpulan

Berdasarkan hasil survei ini kita dari Brainly melihat bagaimana siswa berusaha beradaptasi terhadap situasi terbaru untuk belajar dari rumah. Survei ini kita sadari tidak dapat mensimpulkan sesuatu secara menyeluruh karena kita yakin dibutuhkan validasi dan survei lain yang lebih mendalam terkait dengan kondisi siswa pada budaya baru study from home. Semoga survei ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita ke depannya. 

Tentang Brainly

Brainly adalah tempat belajar, bagi siswa dan oleh siswa. Platform pembelajaran peer-to-peer terbesar di dunia untuk siswa telah menyatukan siswa sekolah menengah dan sekolah menengah untuk membuat pembelajaran di luar kelas menjadi menarik, efektif dan bermanfaat. Siswa terhubung dengan rekan-rekan mereka untuk membantu memperkuat keterampilan mereka, dari matematika ke sains, ke sejarah dan seterusnya. Brainly global memiliki 200 juta setiap bulannya dan di Indonesia sendiri telah memiliki 50 juta pengguna.

Untuk Guru dan Orang tua siswa

Apakah anda guru atau orang tua siswa? Ingin mengetahui tanggapan siswa terkait suatu tema atau suatu kebijakan? Kenapa tidak tanyakan kepada kita dan kita akan mencoba mencari tahu jawabannya dari siswa. Silahkan klik link berikut ini untuk mengajukan tema yang ingin disurvei. Beberapa tema yang relevan dan termasuk kategori penting akan kita laksanakan surveinya. Semua aktivitas survei ini tidak kita kenakan biaya. 

Download applikasi Brainly 

Android | IOS  

 

Sampai jumpa di survei berikutnya ya. 

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments

Economics

10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without