Cara membuat gamifikasi dalam Belajar

(Comments)

Tulisan ini sebelumnya sudah ditulis oleh rekan saya dari Brainly terkait bagaimana cara belajar seru oleh Dhanesh Mihir. Berikut ini langkah2nya

Apakah Anda mencoba menaikkan nilai itu? Belajar lagi!

Tentu saja, tidak selalu sesederhana itu. Metode belajar tradisional mungkin bekerja lebih baik untuk beberapa siswa daripada yang lain. Dan bagi banyak orang, belajar bukanlah hal yang menyenangkan.

Latihan mungkin membuat sempurna, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat membuat semuanya sedikit lebih menarik untuk diri Anda sendiri di sepanjang jalan.

Jadi, apa maksud dari semua ini?

Investopedia menggambarkan gamification sebagai "insentif keterlibatan orang dalam konteks dan aktivitas non-game dengan menggunakan mekanik gaya permainan."

Dalam artikel ini, kami mengusulkan untuk menambahkan elemen dari papan atau permainan video favorit Anda ke pekerjaan rumah Anda agar lebih menarik. Elemen-elemen ini dapat mencakup hal-hal seperti penilaian, kompetisi, dan aturan tertentu.

Berikut adalah enam cara unik untuk meningkatkan permainan belajar Anda — dan selanjutnya, nilai Anda.

1. Buat sistem poin


Salah satu alasan orang bosan belajar adalah karena butuh waktu lama untuk melihat hasilnya. Ketika Anda bekerja setiap hari hanya untuk menemukan diri Anda membuat kemajuan minimal, tetap termotivasi menjadi tantangan nyata. Tetapi bagaimana jika Anda bisa mendapatkan poin hanya dengan duduk dan belajar?

Menyiapkan sistem poin untuk studi Anda lebih mudah dari yang Anda kira. Yang Anda butuhkan hanyalah memutuskan berapa banyak poin yang harus Anda dapatkan untuk mempelajari sejumlah waktu tertentu. Setelah itu, yang tersisa hanyalah memilih beberapa hadiah.

Misalnya, Anda dapat memutuskan untuk menonton film baru sebagai hadiah, ditetapkan pada dua puluh lima poin. Kemudian, Anda memberi diri Anda lima poin untuk setiap jam belajar.

Dan jika Anda merasa sistem Anda terlalu menantang, Anda dapat menyesuaikan tingkat kesulitannya — seperti di beberapa video game. Ubah jumlah poin yang Anda terima, atau buat biaya beberapa hadiah sedikit lebih rendah. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan sistem Anda tetap menyenangkan.

2. Ubah menjadi game — secara harfiah


Memberi diri Anda poin untuk belajar mungkin merupakan bentuk permainan, tetapi Anda masih bisa melangkah lebih jauh. Game membantu kita belajar lebih banyak dengan tetap termotivasi. Semakin baik permainannya, semakin banyak Anda bisa belajar dengan memanfaatkannya (berpotensi). Adapun jenis permainan yang tepat yang akan Anda ikuti, itu tergantung pada preferensi dan materi pelajaran Anda.

Kemungkinannya tidak terbatas — Anda dapat membuat permainan papan untuk meliput peristiwa bersejarah seperti perang atau penjajahan tanah baru. Jika Anda suka menanyai diri sendiri, coba tambahkan aturan yang memaksa Anda melakukan sesuatu seperti push up atau lari putaran jika Anda salah menjawab pertanyaan. Ini tidak hanya memotivasi Anda untuk melakukannya dengan benar, tetapi juga membantu menjaga darah Anda tetap terpompa.

Cobalah tangan Anda di permainan papan khusus!

Mungkin perlu waktu untuk memikirkan permainan yang cocok, tetapi jika itu membantu Anda memahami subjek Anda, itu sangat berharga.

3. Ubah catatan menjadi gambar


Banyak dari kita telah menggambar di buku catatan kita selama kelas di beberapa titik. Dan meskipun biasanya lebih baik untuk fokus pada apa yang dikatakan guru, Anda dapat membuat semua coretan itu berguna saat Anda belajar. Dengan cara yang sama bagan atau grafik dapat membantu menyoroti informasi, Anda dapat menggunakan kreativitas Anda untuk mengubah catatan Anda.

Anda dapat membuat rumus matematika lebih mudah diingat dengan menggambarkannya jatuh dari gunung. Atau Anda bisa membuat komik dua orang yang membicarakan materi pelajaran. Melihat kata-kata yang sama dalam gelembung ucapan sebagai bagian dari sesuatu yang menyenangkan dan artistik dapat membuatnya menjadi hidup, (semoga) memastikan kata-kata itu tetap ada di kepala Anda.

4. Buatlah sebuah kompetisi


Jika teman Anda cenderung mengalihkan perhatian Anda dari belajar, mereka mungkin bukan yang paling cocok di sini. Di sisi lain, jika Anda memiliki beberapa mitra belajar yang baik, mengubahnya menjadi kompetisi yang bersahabat dapat membantu Anda mempelajari banyak hal. Kuncinya adalah menjaga hal-hal sederhana, atau Anda berisiko menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari tahu permainan dan tidak cukup untuk materi kursus.

Salah satu cara untuk menyelesaikannya adalah dengan memasukkan pembelajaran ke dalam permainan dan ide-ide yang sudah ada. Itu bisa berarti perburuan dengan pertanyaan kelas sebagai petunjuk yang perlu dipecahkan. Anda juga dapat mencoba memainkan permainan catur di mana Anda harus menjawab pertanyaan trivia jika Anda akan kehilangan bidak. Dan jika Anda melakukannya dengan benar, Anda dapat menyimpannya!

5. Gunakan soundtrack


Mengulang nada yang sama berulang-ulang bisa membuat pikiran mati rasa dengan tergesa-gesa. Dan bagaimana Anda bisa memahami sesuatu saat Anda bosan? Untuk membuat hal-hal sedikit (atau banyak) lebih menarik, Anda dapat menambahkan pengiring musik ke dalam campuran. Pasang lagu favorit Anda saat Anda belajar, dan jika vokal mengalihkan perhatian Anda, pastikan untuk mencoba versi instrumentalnya.

Cukup berbicara melalui catatan dengan keras saat merekamnya dapat membantu Anda memantapkannya dalam pikiran Anda. Dan setelah Anda merekam semuanya, Anda dapat mendengarkan sambil melakukan hal lain untuk membantu Anda mengingat detailnya saat Anda membutuhkannya. Poin bonus jika Anda dapat menambahkan nada yang menarik ke dalam campuran, karena itu dapat sangat membantu mengingat materi.

Soundtrack video game adalah jalan lain yang perlu dijelajahi, karena memiliki manfaat yang terbukti. Ini karena mereka dibuat dengan tujuan untuk membuat pemain tetap terhubung

Currently unrated

Comments

Riddles

22nd Jul- 2020, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20 Oct- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
20Aug- 2019, by: Editor in Chief
524 Shares 4 Comments
10Aug- 2019, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments
Generic placeholder image
10Aug- 2015, by: Editor in Chief
424 Shares 4 Comments

More News  »

Terima Kasih 2021 Dan Selamat datang 2022

Recent news

Tahun baru!

read more
3 weeks ago

PhD Journey - Soon the December will finish!

Recent news
3 weeks, 2 days ago

PhD Chapter - Hodrick Prescott Filter

Recent news
2 months ago

Cara membuat gamifikasi dalam Belajar

Recent news
2 months ago

Apa itu sekolah Magnet?

Recent news
2 months ago

Wow, Michael has a new start up and it looks great!

Recent news
2 months ago

Ols

Recent news

Get started

read more
2 months, 1 week ago

PhD Chapter - Mixed effect for panel regression 2

Recent news
2 months, 1 week ago

More News »

Generic placeholder image

Collaboratively administrate empowered markets via plug-and-play networks. Dynamically procrastinate B2C users after installed base benefits. Dramatically visualize customer directed convergence without